Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Anggap Rumah Sendiri

20170713_1027051.jpgSelama sekurangnya 8 jam per hari, waktu kita sebagai karyawan dihabiskan di kantor untuk bekerja. Sehingga ada yang beranggapan, kantor adalah rumahnya yang kedua.

Namun sayang apabila waktu selama 8 jam itu malah membuat kita tidak betah di dalamnya. Itulah mengapa konsep beberapa kantor saat ini dirancang seolah-olah sebagai rumah.

Beberapa cara pun digunakan untuk mewujudkan konsep kantor seperti selayaknya rumah, yang diyakini untuk memberikan dampak positif dalam meningkatkan kreatifitas dan kinerja karyawan, yaitu:

Pertama, setiap karyawan diberi kebebasan berkreasi dan berinovasi tanpa pernah merasa takut salah. Sebagaimana di keluarga yang baik, setiap anggota keluarga juga diberi kebebasan yang bertanggungjawab untuk melakukan banyak kebaikan. Apabila ternyata pada suatu wakttu yang dilakukan ternyata salah atau keliru, ya diperbaiki dengan cara kekeluargaan tanpa harus dicaci maki.

Kedua, hubungan antara karyawan jauh dari kesan birokratis. Mereka dibiasakan terbuka dalam mengemukakan pendapatnya. Penyelesaian masalah cukup lakukan pertemuan singkat dengan divisi terkait, lakukan identifikasi masalah, dan cari jalan keluar. Tidak perlu ada politik kantor, karena semua dinilai secara obyektif dengan KPI (Key Performance Indicator).

Ketiga, tata ruang kantor senyaman mungkin. Para karyawan tidak berada di ruang yang tertutup seorang diri. Meja kerja didesain berukuran luas, sehingga para karyawan dapat bekerja bersama-sama seolah “berkumpul” di suatu tempat. Tidak ada sekat sesama mereka. Karyawan bisa berinteraksi yang lain secara mudah, sejajar, dan tanpa batasan.

Tentunya, prinsip-prinsip “rumah dalam pekerjaan” tetap memperhatikan kaidah-kaidah profesional dalam bisnis.

Bagaimana dengan kantor yang sudah terlanjur menggunakan konsep ruangan dan sekat? Caranya mudah. Bukalah pintu ruangan Anda sepanjang hari. Luangkan waktu untuk berbicara di luar daripada memanggil karyawan masuk ke dalam ruangan. Nikmati minum kopi di luar bersama karyawan lainnya.

Bagaimana dengan tempat kerja Anda?

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya?  Follow saya di twitter @syarifulakbar.

 

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: