Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Bom Pemecah

852525405_20259Ada kejadian menarik, seseorang mendatangi meja kerja saya, lalu menyampaikan petuah tentang bagaimana seharusnya sebuah meja kerja ditampilkan. Pada saat kejadian itu berlangsung, saya melihat mejanya sendiri memang sedang bersih.

Akhirnya, meja saya sudah terbiasa bersih seperti yang dulu pernah diajarkan oleh beliau. Suatu ketika, saya sempat melihat mejanya yang saat itu sedang penuh dengan berkas-berkas, buku, nota-nota kerja, bahkan kabel-kabel HP dan makanan. Saya pun menggodanya kembali dengan bertanya, “Apakah meja saya sudah seperti yang Bapak nasihatkan?”. Dia menjawab, “Oh ya. Nah seperti itu kan bagus…” Beliau berkata sambil tetap membiarkan mejanya sendiri berantakan. Dalam hati saya pun akhirnya hanya bisa berucap, “Hhhmmmm….sudrun…”

Adalagi ketika seseorang bertanya pada seorang kakek tua, “Berapa kali anakmu mengunjungimu dalam sebulan?”

Sang kakek menjawab, “Sebulan sekali.”

Orang yang tadi bertanya menimpali, “Wah, keterlaluan sekali anak-anakmu itu. Di usia senjamu ini seharusnya mereka lebih sering mengunjungimu.”

Hati sang kakek menjadi sempit, padahal tadinya ia amat rela terhadap anak-anaknya. Ia jadi sering menangis dan ini memperburuk kesehatan dan kondisi badannya.

Faktanya, kita sering tergoda untuk menyarankan orang lain untuk membenahi hidupnya. Namun, kita justru lupa untuk membereskan hidup kita sendiri. Padahal, memang meja itu tidak bisa selamanya rapi. Dia pasti berantakan saat kita tengah bekerja keras. Hidup kita juga tidak selamanya beres. Ada kalanya semrawut juga

Mari menjaga diri dari mencampuri kehidupan orang lain, mengecilkan dunia mereka, menanamkan rasa tak rela pada apa yang mereka miliki, mengkritisi penghasilan, keluarga mereka, dan lain lain.

Saya pun masih dalam tahap belajar. Selain karena saya memang tidak tertarik dengan urusan orang lain, saya sendiri memiliki banyak urusan pribadi yang harus diselesaikan.

Kita bisa menjadi agen kerusakan di muka bumi dengan cara ini. Bila ada bom pemecah yang meledak, cobalah instropeksi diri, bisa jadi kitalah yang menekan tombolnya.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya?  Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: