Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Ku Tak Bisa

Belajar-Main-Gitar-Akustik-Untuk-PemulaDengan akal, manusia bisa menemukan apa saja, untuk memenuhi kebutuhannya.

Dalam perkembangannya, manusia selalu memperbaiki temuan yang sudah ada, untuk menyesuaikan dengan meningkatnya kebutuhan.

Manusia sebagai makhluk yang berbudaya artinya mahluk yang berkemampuan menciptakan kebaikan, kebenaran, keadilan dan bertanggung jawab. Sebagai mahluk berbudaya, manusia mendayagunakan akal budinya untuk menciptakan kebahagiaan baik bagi dirinya maupun bagi masyarakat demi kesempurnaan hidupnya

Apakah teknologi adalah budaya? Bagi saya, jawabannya adalah iya. Teknologi (techne=cara dan logos=pikiran) merupakan hasil dari proses berpikir manusia. Artinya teknologi merupakan hasil kebudayaan, yang dalam proses pembuatannya melibatkan ideologi, nilai-nilai, dan pesan-pesan tertentu.

Ngomong-ngomong tentang budaya, suatu hari saya menyetir perjalanan pulang dari kantor bersama teman saya yang menumpang ke arah yang sama. Seperti biasa, saya menyetel radio sebagai back-sound.

Teman saya ini termasuk yang sulit menerima apapun di luar dirinya. Dari perilaku manusia, lalu lintas, profesi, politik, tempat kerja, bahkan sampai cuaca pun selalu dikritiknya. Hanya satu yang dia tidak komentari, yaitu dirinya sendiri. Topik pembicaraan kali ini adalah lagu di radio.

Teman (+) : Orang bikin lagu kok gak ada maknanya sama sekali.

Saya (-) : Ya namanya juga ekspresi seni, mas. Dia bikin lagu sesuai kadar kebahagiaan dan apa pengharapannya waktu itu.

(+) : Ekspresi kok gak mutu. Ini artinya manusia berjalan mundur. Kapan bisa maju kalau dunia ini isinya produk-produk yang tidak punya idealisme ke depan.

(-) : Gak punya idealisme gimana to mas?

(+) :  Ya ini contohnya. Artis-artis ini gak punya prinsip. Bikin lagu yang tunduk pada selera pasar. Gak ada lagu yang bagus. Gak ada satupun lagu yang saya ngerti.

Saya pun memilih diam. Karena saat itu, diam merupakan cara yang paling bijak untuk meresponnya. Sayup sayup, terdengar lirik lagu Slank di radio, “…ku tak bisa….jauh…jauh…darimu….

Sambil melirik kaca spion, tak sengaja saya melihat apa yang dilakukan teman saya. Ternyata, dia sedang memejamkan mata sambil mengetuk-ngetukkan tangan. Mulutnya pun komat-kamit mengikuti syair lagu itu.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya?  Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: