Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Sakit di Permulaan

852530132_53963Pertama, tak ada permulaan yang mudah. Kedua, selalu ada yang mengompor-ngompori agar kita beramai-ramai tak merubah apa yang sudah dilakukan.

Kita bisa melihat situasi yang mengerem kita berbuat sesuatu yang berbeda. Apalagi kalau kita sudah nyaman. Kita jalani saja yang sudah enak, ngapain harus bersusah payah. Belum lagi komentar orang lain yang suka mengompori.

Yang ketiga, efeknya akan berbeda antara dipaksa dengan mau sendiri. Idealnya memang kita melakukan sesuatu itu suka rela, tidak perlu dipaksa-paksa. Kalau sakit, mau komplain sama siapa? Wong maunya sendiri, kok.

Ketika menggunakan sepatu baru, kita akan kesakitan apabila menggunakannya di awal. Apalagi kita terbiasa menggunakan sandal jepit yang praktis. Namun, kita perlu sepatu untuk melindungi kaki kita agar lebih aman. Perlahan, kaki dan sepatu baru akan saling menyesuaikan. Tidak perlu lama untuk menjadikan keduanya lentur dan saling membentuk.

Berpindah dari tempat yang biasa kita tinggali ke tempat yang tidak kita kenal sebelumnya, itu pun gegernya gak karuan. Namun sejatinya jangan remehkan diri kita. Sesungguhnya, kita memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Ada orang yang cerita, penyesuaian akan kita capai dalam waktu rata-rata 6 bulan. Setelah itu, hidup berjalan biasa.

Ibarat memasuki wesel pindah rel, gerbong kereta akan terlihat gaduh, terseret, berdecit, dan terbentur. Namun setelah itu, gerbong akan kembali stabil melanjutkan lajunya.

Itulah mengapa kita harus menyiapkan diri kita untuk berubah. Segalanya serba baru. Bagi yang voluntarily (karena inisiatifnya sendiri), kesakitan itu bisa dinikmati. Tetapi bagi laggards (yang terlambat beradaptasi) atau bahkan yang menolak peradaban baru dan harus dipaksa, sudah pasti berteriak. Dan jangan lupa, selalu ada “kompor” yang memanas-manasi agar kita tidak berubah.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya?  Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: