Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Customer Experience

852524183_60542Sekian tahun lalu, saya ditawari apartemen di sebuah blok di Jakarta Utara. Saya tanya ke petugas pemasarannya, “Mas, udah punya unit di sini, kah?” Petugas itu menggelengkan kepala. Dan saya serta merta membatalkan niat membeli unit apartement itu.

Ini yang dimaksud dengan pengalaman pelanggan. Membangun pengalaman pelanggan (customer experience) menjadi bagian penting dalam strategi pemasaran. Pengalaman adalah tahap utama untuk merebut hati pelanggan.

Pada tahap ini, pelanggan tidak sekadar memeroleh informasi maupun janji-janji seperti dalam iklan, tapi pelanggan merasakan dan mengalami sendiri keterlibatan dengan produk maupun layanan dari sebuah merek. Logikanya, sesuatu yang menyentuh sisi pengalaman akan tertanam mendalam di hati orang. Pengalaman yang baik mendorong orang membagikannya kepada orang lain.

Bagaimana mungkin kita percaya kepada seorang pemasaran, apabila dia sendiri tidak merasakan keterlibatan produk yang dia jual.

Saya pun teringat, ketika saya ingin membeli kendaraan roda empat. Ternyata tim pemasarannya kemana-mana naik motor. Saya tanya, “Gak ada mobil operasional mobil merek ini?” Kepalanya pun menggeleng.

Customer experience memang mahal. Namun apa artinya biaya apabila kita bisa mendapatkan nilai kembali lebih dari sekian kali lipatnya.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya?  Follow saya di twitter @syarifulakbar.

 

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: