Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Focus Group Discussion

20171129_180457Banyak orang menjawab survei dengan apa yang menurut mereka ingin didengar oleh penanya, bukan opini aktual mereka. Nah, lantas bagaimana?

Focus Group Discussion (FGD) adalah cara yang baik untuk memverifikasi bahwa preferensi orang lain sama dengan preferensi sebenarnya mereka. Misalnya, 54% orang yang disurvei mengatakan bahwa mereka lebih memilih Program A. Namun, berbicara dengan kelompok secara lebih rinci, akan mendapatkan kesimpulan bahwa preferensi sebenarnya mereka adalah Program B.

Focus Group Discussion (FGD) adalah wawancara semi-terstruktur yang telah ditentukan sebelumnya yang dipimpin oleh seorang moderator. Moderator mengajukan pertanyaan luas untuk mendapatkan tanggapan dan menghasilkan diskusi di antara para peserta. Tujuan moderator adalah menghasilkan jumlah diskusi dan pendapat maksimal dalam jangka waktu tertentu.

Di awal persiapan FGD, luangkan waktu untuk merencanakan pertanyaan Anda dengan hati-hati. Pertanyaan buruk, bias, atau canggung dapat menggagalkan FGD dan merusak kualitas datanya

Salah satunya, pastikan pertanyaan diajukan dengan cara yang tidak dapat dijawab dengan jawaban sederhana  “Ya” atau “Tidak”. Menggunakan kata-kata seperti “Mengapa” dan “Bagaimana” akan membantu memperoleh tanggapan yang lebih baik dari peserta.

Jangan sampai kita salah bertanya. Jawaban tidak muncul dari pertanyaan yang salah. Malah akan terjadi pertanyaan terhadap pertanyaan itu sendiri.

Memang, bertanya itu pun perlu ilmu. Nanti saya share di artikel selanjutnya.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya?  Follow saya di twitter @syarifulakbar.

 

Advertisements

Single Post Navigation

One thought on “Focus Group Discussion

  1. Pingback: Bagaimana Bertanya | Syariful Akbar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: