Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Perhatikan Diksi

20171126_183146Perhatikan diksi (pemilihan kata) atau bahasa marketing dalam usaha yang Anda jalankan. Pemilihan kata yang tepat dan digunakan pada waktu yang tepat ternyata sangat efektif untuk menarik perhatian calon pelanggan.

1. Anda atau Kamu?

Penggunaan kata Anda yang terdengar sangat efektif untuk mulai menjalin hubungan baik dengan calon pelanggan. Kata “Anda” biasanya terdengar sangat profesional, sopan dan terkesan interaktif. Namun, untuk menciptakan kesan santai dan bersahabat, kita bisa menggunakan kata “kamu” ketika berinteraksi dengan calon pelanggan.

2. Tegas atau Ramah?

Kedua kata ini memiliki makna yang berbeda. Tegas artinya terang, jelas, tentu, atau pasti. Tegas lebih cocok untuk atribut internal dalam pengambilan keputusan. Namun untuk “Ramah”,  adalah cara penyampaian yang baik hati dan menarik budi bahasanya. Bedakan imaginasi yang muncul ketika kita membaca “Kami tegas terhadap segala pelanggaran” dan “Petugas kami yang ramah akan melayani Anda”.

3. Gratis dan New

Kedua kata ini sangat diminati banyak orang.  Kata “gratis” memang memiliki efek magis yang sangat powerful untuk membuat orang-orang membeli walaupun dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Walaupun pada kenyataannya tak banyak peningkatan atau keunggulan berbeda yang anda tawarkan, namun kata “new”  ini tetap efektif untuk membuat calon pelanggan tergoda dan mencoba membeli produk Anda.

4. Aman

Penggunaan kata aman memang sangat diperlukan untuk sejumlah produk tertentu seperti makanan, minuman, dan obat-obatan. Pastikan untuk melakukan riset mengenai keamanan produk anda sebelum menggunakan kata “aman”.

5. Garansi

Kata garansi akan membuat pelanggan yakin akan keraguan-keraguan seperti ketakutan barang tidak sesuai dengan iklan, takut akan risiko kerusakan dan berbagai bentuk ketakutan lainnya. Gunakan kata garansi yang sesuai dengan kualitas pelayanan yang dapat Anda berikan.

Pemilihan kata-kata apapun dalam bahasa marketing harus dibarengi dengan inovasi dan pelayanan yang memuaskan.

Foto di atas saya ambil di salah satu Cafe yang berhawa dingin, dengan pemandangan lampu kota yang romantis. Membaca papan itu, semakin memperjelas syarat bahwa harus kuat mental ketika ke sini sendirian saja, he he…

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya?  Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: