Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Tarik Pelanggan

20180127_121016Setelah kita membangun usaha, diperlukan langkah selanjutnya untuk menarik pelanggan. Inilah tujuan Segmentation, Targeting, and Positioning (STP). Memastikan bahwa pelanggan yang tepat yang membeli barang atau jasa yang kita berikan, dengan penawaran yang tepat.

Bagaimana caranya?

Hasilkan Produk yang Unik

Inilah diferensiasi. Pembeda. Pelanggan selalu mencari produk dan jasa yang unik. Walau sama-sama berjualan es krim, misalnya, namun pastikan kita memiliki penyajian yang unik. Saya pun biasanya memilih satu dua kafe favorit di sebuah tempat dibandingkan dengan tempat lainnya, berdasarkan toilet dan mushollanya yang bersih. Padahal menu makanan sama-sama enak secara rata-rata.

Berikan Kenyamanan kepada Pelanggan

Kenyamanan di sini tidak hanya meliputi lay out toko, tata letak website online, dan penggunaan bahasa tulisan yang jelas dan memudahkan. Termasuk juga untuk nyaman ketika pelanggan memberikan komplain. Sekeras-kerasnya komplain, pasti akan mudah dikendalikan apabila kondisi toko atau layanan pelanggan tercipta dengan positif.

Ketahui Kebutuhan Pelanggan

Barbershop (jasa potong rambut laki-laki) tentunya berbeda dengan salon untuk para wanita. Secara karakter pelanggan, laki-laki tidak memerlukan petugas potong rambut yang suka bercerita sepanjang waktu. Namun sebaliknya, bagi salon wanita, diperlukan petugas yang lebih luwes untuk melakukan komunikasi dengan pelanggannya.

Promosi yang Menarik

Hal ini diperlukan untuk menarik perhatian pelanggan. Lakukan dengan ketersediaan budget yang dipersiapkan. Tidak harus besar-besaran.

Saya pun pernah menulis artikel terkait pelanggan, yaitu Orientasi ke Pasar dan Pelanggan. Silakan simak ya….

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya?  Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: