Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Targeting (2/3)

20180119_074311Mari kita lanjut bahas tentang penentuan pasar sasaran (Targeting). Ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumya yaitu Segmentasi (1/3 STP).

Targeting adalah tindakan mengevaluasi daya tarik setiap segmen pasar dan memilih salah satu atau lebih dari segmen pasar tersebut untuk dimasuki. Tentunya, kita lakukan survei terlebih dahulu untuk mengetahui keadaan pasar, agar ketika proses pemasaran tidak salah sasaran.

Hasil survei pasar tersebut akan menentukan apakah kita akan memilih satu segmen pasar saja, atau bahkan full coverage, yang artinya berusaha melayani semua kelompok dengan produk yang dibutuhkan.

Kita pun bisa memilih spesialisasi produk (misal boneka) atau spesialisasi pasar (misalnya khusus berjualan boneka di lokasi dekat sekolah).

 

Selanjutnya, untuk menciptakan kepuasan konsumen, pemasar dapat melakukan diferensiasi dan menghasilkan lebih banyak penjualan. Namun semua perlu diperhatikan, khususnya apabila dikaitkan dengan strategy profitability. Jangan sampai over segmenting, yang membuat keok sebelum bertanding.

Foto di atas adalah salah satu unit usaha dengan segmentasi menjual buah di pinggir jalan. Target pelanggannya adalah orang-orang yang melewati jalan tersebut. Sehingga, strateginya adalah membuka toko sepanjang hari, menyiapkan petugas yang cekatan, harga pas kelipatan 5 ribu, penataan buah yang menarik, dan penerangan yang cukup di malam hari.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya?  Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Advertisements

Single Post Navigation

One thought on “Targeting (2/3)

  1. Pingback: Positioning (3/3) | Syariful Akbar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: