Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Sinergi

IMG_1336Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, “sinergi” bisa didefinisikan sebagai kegiatan atau operasi gabungan. Sinergi juga bisa dimaknai sebagai bentuk kerjasama yang dihasilkan melalui kolaborasi masing-masing pihak tanpa adanya perasaan kalah. Merujuk pada definisi tersebut, ciri khas sinergi adalah keragaman atau perbedaan, bukan keseragaman.

Sinergi adalah saling mengisi dan melengkapi perbedaan untuk mencapai hasil yang lebih besar daripada jumlah per bagian. Konsep bersinergi di antaranya berorientasi pada hasil dan positif, perspektif beragam mengganti atau melengkapi paradigma, saling kerjasama dan tujuan sama serta adanya kesepakatan, dan diusahakan seefektif mungkin serta merupakan suatu proses.

Meski menyatukan perbedaan yang ada, sinergi berbeda dengan kompromi. Kompromi adalah model dalam mencari jalan keluar dengan masing-masing pihak menurunkan egonya. Meski sama-sama menang dan tidak ada yang kalah, namun harga tawarnya menjadi berkurang. Sementara, sinergi lebih membicarakan jalan keluar yang baik bagi semua pihak tanpa merugikan.

Contoh sinergi dalam suatu organisasi bisnis adalah misalnya tim marketing dan tim sales bergabung dalam suatu event Product Launch di sebuah Mall. Dengan bergabungnya mereka, anggota tim marketing yang menjelaskan produk baru melalui talkshow, iklan, brosur dan leaflet, akan langsung dibukukan dalam penjualan yang disiapkan tim Sales. Hasilnya tentu lebih maksimal dibandingkan berjalan sendiri-sendiri pada event yang berbeda.

Sinergi dapat menekan cost atau biaya operasional tanpa mengurangi pendapatan operasional. Bahasa umum di dunia bisnis adalah Sharing Budget. Sekali lagi, sinergi adalah proses, dan perlu waktu dalam membangunnya.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya?  Follow saya di twitter @syarifulakbar.

(Foto di atas adalah inspirasi artikel pagi ini, yaitu penjual topi di tepi Pantai Panjang, Bengkulu dengan aneka ragam warna dan corak. Menarik dilihat, walau tidak seragam).

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: