Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Mulai Sesuai Akhir (2/7)

20180407_151933.jpgBegin with the end of mind. “Memulai sesuai tujuan akhir”. Kebiasaan ini akan memberikan arah dan kontrol kemana kita akan menuju.

Ini adalah habit ke-2 yang ditulis oleh Covey.

Pertanyaan sederhana untuk menjawab hal ini adalah “Mau jadi apa ketika Anda dewasa kelak?”. Misal jawabannya adalah menjadi dokter. Maka dalam proses menjalankan kehidupannya, orang yang menyatakan jawabannya tersebut harus melalui kehidupan yang mengarahkannya menjadi seorang dokter, tidak pada jalan lain.

Bagaimana kalau bukan dokter, tapi ingin memiliki konsep hidup seperti dokter? Kita bisa memposisikan dalam wujud fungsi care, merawat, atau penyembuh. Merawat sebagai psikolog, misalnya. Bahkan, menjadi penyembuh hati yang galau sebagai penulis buku juga bisa he he… Bisa juga sebagai pelayan masyarakat secara umum. Atau bisa saja jadi pengusaha yang memiliki bidang sosial layanan medis.

Bagaimana apabila jawaban itu tidak benar? Tugas kitalah untuk mencari jawaban apa tujuan akhir kita.

Mengapa kita harus menentukan tujuan hidup kita? Covey memberikan 2 alasan, yaitu karena kita berada dalam persimpangan, dimana persimpangan yang kita tuju akan menentukan masa depan hidup kita. Alasan kedua adalah bahwa jika kita tidak menentukan tujuan hidup kita, maka orang lain yang akan menentukannya. Jika orang lain menentukannya positif, tak apa kita bisa mengikutinya. Namun, jika negatif? Kitalah sendiri yang akhirnya harus menentukan.

Dari perspektif agama sebagai way of life pun, misi manusia beragama berhubungan dengan akherat sebagai kehidupan yang lebih hakiki setelah kematian. Bila disadari, maka akan berujung pada tempat mulia yaitu surga-Nya Allah SWT. Di ayat-ayat suci-Nya pun, dijelaskan pula visualisasi surga, yang seharusnya mengarahkan kita agar menyesuaikan diri dan berhati-hati dalam kehidupan ini untuk mencapai tujuan akhir tersebut.

Inilah begin with the end of mind.

Silakan simak artikel saya sebelumnya tentang The 7 Habits of Highly Effective People karya Stephen R. Covey, yaitu Proaktif (1/7).

Nantikan habit-habit lainnya di artikel selanjutnya.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya?  Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Advertisements

Single Post Navigation

5 thoughts on “Mulai Sesuai Akhir (2/7)

  1. Pingback: Dahulukan yang Utama (3/7) | Syariful Akbar

  2. Pingback: Menang Menang (4/7) | Syariful Akbar

  3. Pingback: Mengertilah (5/7) | Syariful Akbar

  4. Pingback: Sinergi (6/7) | Syariful Akbar

  5. Pingback: Asah Gergaji (7/7) | Syariful Akbar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: