Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Bicaralah Pelan dan Sedikit Mungkin

c6029cd4-9072-44f5-bb37-afb0c33f9c42Ketika nonton bareng Final Liga Piala Champion beberapa hari lalu, sebagaimana kondisi yang sesungguhnya di barisan penonton secara langsung, situasi pasti hiruk pikuk. Semua memberikan komentar silih berganti tanpa takut salah. Tentang si penjaga gawang, wasit, pemain yang keren, dan seterusnya. Bahkan selalu ada yang berteriak-teriak seolah dialah penentu akhir skor pertandingan.

Namun, situasi ini tidak berlaku ketika Anda menjadi seorang pemimpin dalam organisasi bisnis. Untuk melatih otoritas, Andalah yang seharusnya banyak tutup mulut. Bicaralah pelan dan sesedikit mungkin.

Ketika dalam rapat atau presentasi, perhatikan apa yang orang lain katakan, tapi tutup mulut Anda. Seraplah informasi sebanyak-banyaknya dari semua anggota organisasi. Kalau perlu, habiskan bicara mereka sampai seolah kehabisan bensin. Dan setelah itu, Anda baru bicara dengan penuh otoritas sebagai pamungkas.

Seringkali solusi terhadap suatu masalah akan diperoleh ketika kita menghabiskan waktu untuk menyimak pandangan orang lain sebelum membentuk pandangan kita sendiri.

Ketika pemimpin melontarkan banyak pertanyaan, bukan berarti dia tidak yakin atau bingung. Pemimpin terbaik adalah menggunakan pertanyaan untuk menemukan akar persoalan. Mereka tahu cara menggali. Bukan semata-mata mengatakan,”Siapa yang bertanggung jawab!”

Ingat. Semua memiliki efek domino. Begitu kita sendiri ragu terhadap keputusan kita sendiri, kepercayaan anggota organisasi terhadap kepemimpinan pun akan bergoyang.

Pesan saya kepada anggota organisasi, aktiflah dalam rapat atau presentasi. Jangan sama-sama diam. Itulah panggung untuk Anda.

Tetap semangat. Latih, latih, dan latih.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya?  Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: