Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Keputusan vs Hasil Tepat

IMG_5220Hasil yang tepat selalu diupayakan ketika kita sudah memutuskan dengan tepat. Namun, tidak ada yang bisa memastikan hasil dari setiap yang kita lakukan. Selalu ada kejutan atau hal-hal diluar kemampuan kita sebagai manusia.

Lakukan Pertimbangan dan Evaluasi

Pikirkan secara rasional terhadap situasi yang sedang dihadapi. Bayangkan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Gunakan pertimbangan waktu tidak hanya 1-3 bulan ke depan. Rentangkan waktu sampai sekian tahun ke depan. Pertimbangkan pendapat orang lain yang terlibat. Ada kalanya apa yang kita inginkan, belum tentu yang terbaik untuk kita. Dalam peribahasa dikenal ungkapan “patah satu tumbuh seribu”.

Tetap Tenang

Hindarkan overthinking dan overanalyzis. Di dunia ini terdapat sejuta opsi selain yang kita alami. Jika kita panik, yang terjadi adalah kekacauan dan terbengkalai. Jangan menyelesaikan masalah dalam kondisi yang tidak stabil. Listen to your heart and follow it.

Jaga Reputasi

Pilih orang-orang yang sejalan agar memiliki arah yang sama dengan kita. Hal yang dilakukan bersama, akan semakin ringan dan mengurangi resiko. Berbagi informasi dan motivasi dengan orang lain akan memberikan banyak pelajaran.

Lakukan Perbaikan

Evaluasi, evaluasi, evaluasi, dan move on. Teruslah melakukan perbaikan yang membawa jalan lurus ke depan, bukan membawa dalam kemunduran. Hindari sifat perfeksionis.

Just Do It

Istilah yang meminjam jargon merek perlengkapan olahraga ini selalu tepat. Lakukan. Jangan terjebak dengan pemikiran yang terlalu jauh sehingga kita tidak bisa keluar dari lingkaran pemikiran yang ada.

Ingat, penyesalan ada di belakang. Kalau di depan, namanya pendaftaran, he he…

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya?  Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: