Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Bukber yuuk…

IMG_5534Kegiatan buka puasa bersama alias bukber sudah menjadi tradisi. Mulai dari buka puasa bersama keluarga inti, keluarga besar, teman sekantor, atau dengan group organisasi. Kegiatan ini pun pasti udah jamak kita lihat di sosmed.

Pemilihan tempat pun beraneka ragam. Entah itu di restoran, di rumah, di warung, atau bahkan di kantor dan sekolah. Sering kali pula dalam setiap acara buka puasa bersama kita mengundang ustadz untuk memberikan ceramah, dan sekaligus berbagi berkah, amal, kebahagiaan dan kebersamaan.

Semangat dibuatnya kegiatan buka puasa bersama adalah untuk menjalin silaturahim. Namun, bagaimana mau ngobrol berpanjang-panjang kalau datangnya peserta rata-rata mepet 10-15 menit sebelum waktu berbuka dimulai.

Hal lain yang pernah saya alami, di tempat buka puasa bersama yang justru minim fasilitas untuk shalat. Alasannya sederhana: Musholla penuh, tidak nyaman, atau air habis.

Setelah adzan Maghrib, orang-orang berbuka, makan, minum, ngobrol-ngobrol, dan selfie sampai waktu Maghrib lewat. Tahu-tahu sudah adzan Isya. Padahal shalat Maghrib itu wajib dan harus diutamakan daripada buka bersama.

Satu hal lagi yaitu ketika kita bicara isi buka bersama itu sendiri. Reunian dalam buka puasa bersama, ngobrol banyak dengan teman-teman, kemudian pulang. Lantas untuk apa? Sekedar membatalkan puasa saja? Pertemuan kosong tanpa hasil. Sebaiknya, kita harus memanfaatkan momen buka puasa bersama untuk menghasilkan sesuatu, mendiskusikan berbagai persoalan dimana semua itu bermanfaat bagi kita sendiri dan orang banyak. Buka puasa seperti itu jauh lebih indah.

Selamat buka puasa bersama.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya?  Follow saya di twitter @syarifulakbar.

(Foto yang saya gunakan adalah persiapan buka bersama di Masjid Raya Al-Kautsar, Kendari, Sulawesi Tenggara)

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: