Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Manajemen Proyek

IMG_0074

Apa bayangan pertama ketika mendengar kata “proyek”? Check list? Laporan? Anggaran biaya? Tumpukan material? Banyaknya tim yang terlibat? Meeting dan koordinasi? Waktu deadline? Status?

Hal-hal di atas benar adanya. Arti kata “proyek” sesuai KBBI adalah rencana pekerjaan dengan sasaran khusus (pengairan, pembangkit tenaga listrik, dan sebagainya) dan dengan saat penyelesaian yang tegas.

Kalau dikembangkan, proyek pun sebenarnya bermacam-macam kategorinya. Ada yang fisik dan non fisik. Besar dan kecil. Padat karya dan padat modal. Jangka pendek dan jangka panjang.

Membangun jembatan dan terowongan, sudah jelas merupakan proyek yang skalanya besar. Menjalankan wedding organizer dan atur jadwal imunisasi balita di sebuah desa pun, juga bisa termasuk proyek. Upgrade pengetahuan karyawan dengan technical skill training pun juga dikatakan proyek. Bahkan urusan rumah tangga pun bisa dikatakan sebagai proyek. Renovasi, ngatur jadwal les anak-anak, menjalankan urusan bersama asisten dan tukang kebun pun juga bisa dikatakan proyek.

Ketika proyek dikelola, selanjutnya dinamakan manajemen proyek. Ini adalah aplikasi pengetahuan, keterampilan, peralatan, dan teknik dalam berbagai kegiatan untuk memenuhi persyaratan proyek tertentu.

Dalam beberapa teori Project Management, dikenal 5 tahap: Inisiasi Proyek (Initiation) – Perencanaan Proyek (Planning) –  Eksekusi Proyek (Execution) – Pemantauan Proyek (Monitoring) – Penutupan Proyek (Closure).

Skala, kerumitan, dan kompleksitas proyek tergantung dari situasi, urgency, dan dan impact/ dampaknya.

Untuk menjalankan proyek transportasi rel yang salah satu segmennya menembus terowongan batu dengan total biaya ratusan milyar, tentunya perlu ketelitian analisa, pengawasan tim ahli, serta eksekusi yang memenuhi syarat keamanan tinggi.

Berbeda hal dengan proyek jalan-jalan keluarga yang berbiaya sekitar 1 lembar warna merah. Bisa jadi proyek yang ini cukup disimpulkan dengan anggukan singkat menjelang mata terlelap.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya?  Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: