Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Selesaikan dengan Berkemah

IMG_1046

Rutinitas membuat kita mampet akan ide-ide segar. Berkemah (camping) dengan keluarga adalah salah satu alternatif untuk membuang segala kejenuhan, baik dari sisi fisik ataupun pikiran.

Berkemah akan memberikan dampak positif terhadap fisik, emosi, dan mental

Contohnya adalah kondisi fisik saya sendiri. Sekian kali saya alergi hawa dingin, namun flu justru insyaallah lenyap seketika sewaktu saya bersinggungan dengan udara pegunungan.

Dengan berkemah dan bertemu dengan orang-orang baru di luar sana, kita akan otomatis belajar mengenal hal baru. Dunia tidak sebatas apa yang kita lakukan dan ketahui saja. Kita bisa saling bertegur sapa, sharing, memotivasi, dan saling mendoakan, yang tentunya akan berdampak positif secara psikologis.

Bayangkan pula ketika kita ajak anak-anak berkemah, seraya memancing dengan pertanyaan,”Adek, coba hitung ada berapa tenda di sini?”. Hal ini akan merangsang mereka dengan petualangannya dan berjalan sendiri untuk melatih kepercayaan dirinya.

Ada pula peserta berkemah yang bertanya, “Kak, dapat 4G, gak?” Tidak masalah. Dengan berkemah akan menjauhkan mereka dari gadget sementara waktu. Namun, tetaplah bawa gadget seperlunya, minimal kamera agar kita bisa merekam spot camping.

Masih banyak hal-hal positif dalam aktifitas ini. Berkemah juga menjadi pengalaman dalam hidup, belum tentu ketika kita bisa merasakan syahdunya gunung, hutan, danau dan lainnya. Paling nikmat bisa berkemah bersama sahabat dan menjadi cerita yang kelak akan dikenang bersama.

Selesaikan dengan berkemah.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya?  Follow saya di twitter @syarifulakbar.

(Foto di atas adalah lokasi berkemah bersama alumni SMP 2 Purworejo, di Bukit Sikepel, Desa Jati, Purworejo)

 

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: