Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Letakkan Smartphone

IMG_3217

Studi yang dilakukan oleh agensi pemasaran Tecmark menyebutkan bahwa dalam satu minggu rata-rata orang bisa menggunakan smartphone-nya lebih dari 1.500 kali (214 kali sehari) untuk melakukan berbagai aktivitas di dunia maya. Artinya, responden akan melihat smartphone dalam setiap 6 menit sekali.

Jika hal ini dilakukan terus menerus, secara intens dan dalam waktu yang panjang, niscaya akan mempengaruhi pikiran bawah sadar kita. Hasilnya, kita spontan mencari smartphone dahulu ketika bangun tidur, merasa tidak nyaman apabila lupa membawanya, dan seterusnya.

Saya mendapatkan empat nasehat dari sahabat saya tentang hal ini.

  1. Time Management. Tentukan waktumu secara disiplin. Batasi waktu Anda. Fokuskan pada satu-satu pekerjaan. Bahkan, Allah berfirman dalam QS. Al Insyirah: 7, “Maka apabila kamu telah selesai dari satu urusan maka kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain”. Otak hanya bisa mengerjakan satu hal pada satu waktu. Multitasking justru melelahkan dan tidak optimal. Baca lebih detailnya di sini dan di sini.
  2. Space Management. Yang jelas, tentukan jarak. Biarkan dia di situ, sementara kita di sini. Semoga, kita tidak termasuk yang suka browsing via smartphone ketika duduk di kloset.
  3. Self Management. Andalah pusat segalanya. Miliki waktu untuk diri sendiri. Ketika sedang menganggur, menunggu seseorang, atau berada di kendaraan umum, lebih baik perhatikan lingkungan di sekitar dan biarkan pikiran menjelajah ke mana-mana. Jika Anda tak mau melewatkan ide-ide yang muncul saat bengong, selalu siapkan buku catatan kecil ke mana pun Anda pergi.
  4. Relationship Management. Berbaurlah dengan orang-orang. Kenali sekitar Anda. Sapalah siapapun itu ketika mobil Anda melewati gang sempit, minimal dengan kasih kode “klakson pelan”, kedipan lampu, atau lambaian tangan.

Telinga saya pun terasa pedas mendengar nasehat selanjutnya,”Ketika anggota keluargamu mulai mengecek HP-nya ketika makan malam bersamamu, itulah tanda bahwa kehadiranmu tidak lebih penting daripada HP mereka.”

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya?  Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: