Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Keajaiban

20180815_144908

Banyak hal-hal sederhana dan remeh yang sejatinya adalah keajaiban.

Pernah suatu saat, karena sama-sama pentingnya, saya mengiyakan dua agenda pada hari yang sama. Saya tersadar belakangan, ternyata keduanya ada di tempat yang berbeda pada jam yang nyaris bersamaan. Inilah situasi yang rumit karena mustahil untuk saya penuhi.

Saya pun gak enak hati untuk membatalkan hadir di salah satu agenda itu. Jangan sampai informasi ketidakhadiran saya justru akan membatalkan pertemuan tersebut. Saya tidak mau mengganggu persiapan yang sudah dilakukan sebelumnya.

Seandainya bisa hadir di salah satu agenda saja, saya berharap bahwa ketidakhadiran saya di salah satu agenda lainnya tidaklah penting. Saya pun berandai-andai agar teman-teman saya bisa melupakan ketiadaan saya di situ.

Saya semakin tegang, ketika kedua pengundang di kedua agenda tersebut memberikan reminder pada beberapa jam sebelumnya. Ini sebagai pengingat bahwa pertemuan tetap dijalankan sesuai jadwal. Saya tetap bertahan untuk menyimpan rasa gak enak hati itu entah sampai kapan.

Ternyata, keajaiban ada di menit-menit terakhir. Salah satu penyelenggara dari kedua agenda tersebut mengirimkan pesan singkat, “Pertemuan diundur nanti siang.”

Dibalik pesan singkat tersebut, saya sangat paham bahwa yang terjadi sesungguhnya tidak sesederhana itu. Acara yang mundur ke siang hari, melibatkan puluhan peserta, puluhan upaya, dan puluhan pengaturan. Ada urusan-urusan lain yang pasti kena dampak atas pergeseran waktu ini. Belum dihitung pula berapa energi-energi yang hilang serta munculnya biaya ekstra untuk sekedar menunda pertemuan ini.

Ini bukan kebetulan. Ini skenario maha kuasa. Perlu pengukuran matematis, perhitungan waktu, olah pikiran, beban batin, dan rentetan multi faktor lainnya. Saya pun gak kuasa membayangkan apabila saya sendiri yang menanggungnya. Dari sisi statistik, probabilitas kejadian bisa mendekati sepersekian ratus. Dan itu semua terjadi dalam hitungan menit.

Keajaiban yang lain pun sering terjadi dengan skenario yang berbeda-beda. Misalkan saja ketika kita hendak terburu-buru ke suatu tempat dengan kondisi HP mati. Kita terpaksa menyusuri lorong menuju jalan raya. Dan tiba-tiba, ada taxi kosong yang lewat. Bayangkan saja betapa presisi pengaturan tersebut. Perlu algoritma kelas super untuk mewujudkannya.

Kepada hal-hal ajaib seperti ini, apabila kita letakkan dalam porsi yang tepat, maka kita tidak perlu kuatir terhadap apapun.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya?  Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: