Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Bereskan Diri

IMG_4771

Suatu hari, saya mendengarkan ocehan teman saya. Dia mengkritik diantaranya kebijakan ekonomi negara, lemahnya budaya baca masyarakat, serta kacaunya regulasi tentang kendaraan sehingga jalan menjadi macet.

Sekian jam saya memposisikan diri sebagai pendengar yang baik, sampai teman saya ini kehabisan kata-kata. Dia lantas pamit untuk melanjutkan perjalanan. Saya mengantarkan sampai tempat parkir kendaraan. Perihal mengantarkan ini, saya selalu upayakan sebagai bentuk penghormatan kepada siapapun ketika berpamitan.

Terlihat dia naik mobil yang baru. “Ini lho yang bikin saya harus nyari uang sana-sini buat bayar cicilan. Belum lagi cicilan motor dan mobil keluarga”, ujarnya sambil men-stater kendaraannya.

Saya pun pernah serumit teman saya itu, tentunya dengan skala yang berbeda. Apa itu? Yaitu menjaga kekonsistenan.

Konsep mengendalikan macet dengan membatasi kepemilikan kendaraan, menjadi tidak konsisten dengan memiliki beberapa kendaraan baru dengan kemudahan kredit. Mengkritik kemacetan, namun kita pun sebenarnya adalah bagian dari kemacetan itu sendiri.

Belum lagi tentang cicilan. Kalau pengin hidup nikmat tidak dikejar-kejar cicilan, ya jangan nyicil. Kondisi yang sama seperti kita sedang sakit, yang nekad untuk tetap bekerja. Tetap makan apa yang banyak keburukannya bagi tubuh kita. Padahal rumus orang sakit yang paling sederhana adalah istirahat. Apabila tidak mau sakit, ya jawabannya jangan sakit.

Saya saat ini pun semakin berhati-hati ketika bertindak. Tidak perlu lagi saya berapi-api mengupas tentang korupsi, mengomentari terbakarnya pulau tempat wisata, dan mengkritik siapapun yang posting hidup mewah. Namun di saat yang sama, saya masih curi waktu kerja untuk browsing belanja online, membuang sampah sembarangan, dan belum bisa membelikan orang tua apapun yang diinginkannya.

Saya beresi diri saya sendiri dulu.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya?  Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: