Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Hening

20180830_080144

Dengan sekian jenis suara yang diterima setiap saat, kita perlu mengenal kata “hening” dalam hidup ini.

Ternyata, manusia butuh mengurangi kadar bunyi yang didengar dalam sehari untuk menenangkan otak. Apa manfaatnya?

KEHENINGAN MENINGKATKAN REGENERASI SEL-SEL OTAK

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013 yang dipublikasikan di dalam jurnal bertajuk “Brain, Structure, and Function” melakukan percobaan terhadap sebuah tikus. Dalam percobaannya ini, berbagai macam suara dikeluarkan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan pada otak tikus percobaan. Hasilnya yang diperoleh ternyata mengejutkan. Para peneliti menemukan bahwa selama dua jam tikus dalam keheningan tanpa suara apapun per hari, sel-sel pada otak tikus tersebut ber-regenerasi membentuk sel-sel baru. Pembentukan sel baru terjadi di area hippocampus, sebuah bagian dalam otak yang bertanggung jawab terhadap memori, emosi, dan pembelajaran.

KEHENINGAN MEMBUAT OTAK LEBIH KREATIF

Pada penelitian lainnya yang dipublikasikan pada tahun 2001 silam, ditemukan istilah “default mode” untuk menyebut fungsi pada otak. Kondisi ini menjelaskan bahwa saat otak dalam keadaan “istirahat” sebenarnya sel-sel dalam otak sedang mencerna berbagai sumber informasi yang diubah menjadi pengetahuan baru.

Josep Moran pada 2013 dalam “Frontiers in Human Neuroscience” mengatakan, ketika tubuh beristirahat sebenarnya otak sedang bekerja memproses informasi internal dan eksternal lalu memindahkannya ke bagian prefrontal cortex (bagian penting dari otak yang berfungsi untuk berpikir, membuat keputusan, hingga mengontrol emosi).

KEHENINGAN UNTUK RE-CHARGE 

Polusi suara berdampak pada kinerja manusia yang menurun, baik saat mengerjakan pekerjaan di sekolah atau kantor. Suara yang bising juga berdampak pada hilangnya semangat dan kemungkinan terjadinya “error” dalam membuat keputusan lebih besar.

Dalam sebuah penelitian di Amerika mengungkapkan, anak-anak yang tinggal di lingkungan perumahan atau beraktivitas di kelas yang berdekatan dengan kawasan bandara atau rel kereta api memiliki kemampuan baca yang rendah dan perkembangan kemampuan kognitif dan bahasanya berjalan sangat lambat.

Otak perlu keheningan agar dapat me-restore informasi yang tidak tercerna atau tersampaikan dengan baik selama tubuh terjebak dalam suasana yang berisik. Keheningan membantu manusia berpikir lebih fokus. Suasana tenang dan damai sangat bagus untuk perkembangan anak. Bayangkan saja apabila si anak tumbuh dalam suasana yang berisik.

KEHENINGAN UNTUK MENGURANGI STRES

Telah banyak penelitian yang mengungkapkan terlalu banyak suara dapat berpengaruh terhadap otak yang menyebabkan kadar stres meningkat. Gelombang suara mencapai otak melalui sinyal elektrik yang masuk melalui telinga. Tubuh akan bereaksi terhadap suara meskipun kita tertidur hingga akhirnya otak tidak bisa beristirahat dengan baik walaupun kita terlelap. Orang-orang yang terbiasa tinggal di lingkungan yang berisik kecenderungan untuk mengalami stres akan lebih tinggi.

Salah satu studi yang dipublikasikan dalam jurnal “Heart” menemukan fakta bahwa berada selama dua menit dalam keheningan dapat menghasilkan tubuh yang lebih relaks. Efek positif yang ditimbulkan lebih banyak daripada menenangkan diri dengan mendengarkan musik yang bernuansa “relaxing”. Tekanan darah menurun dan sirkulasi darah dalam tubuh jadi lebih lancar ketika seseorang menikmati keheningan sejenak.

Diam belum tentu identik dengan hening. Malahan, saya pernah terciduk dalam kondisi diam. Kata teman saya ini,”Saat temen-temen lain nyanyi, kadang aku liat kamu diem kosong. Tapi saat orang lain negur, kamu bisa langsung respon ketawa.”

Terus terang, diamnya saya saat itu belum sampai tahap hening.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya?  Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: