Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Sempatkan Membaca

20180903_075905

Jaman now sekarang memang serba instan. Serba cepat. Kata Charles Darwin, bukan karena kurang cerdas dan kurang kuat yang membuat makhluk hidup kalah dalam persaingan. Melainkan karena kurang cepat.

Dulu, ketika saya kecil, mencuci mobil sampai dikeroyok rame-rame dan berbasah-basah. Itupun perlu waktu 2 jam agar tuntas bersihnya. Saat ini, cuci mobil bisa dilakukan dalam waktu 5 menit. Tanpa perlu keluar dari mobil.

Saya pun sempat merasakan repotnya membuat laporan dengan mesin tik. Satu huruf salah, membuat kita harus ketik ulang sehalaman. Belakangan sudah ditemukan tipp-ex kertas yang bisa menimpa huruf yang salah tadi, setelah sebelumnya berbentuk larutan.

Internet pun sedemikian sehingga menyediakan informasi dengan cepat. Sehingga kita pun akan cepat menerima, cepat menyimpulkan, dan cepat memberi penilaian. Setelah itupun akan cepat menerima kembali. Sehingga kita semakin cepat menyimpulkan dan seterusnya.

Apakah ini salah? Tidak. Ini bukan masalah benar dan salah. Ini sudah saatnya demikian adanya. Justru yang diuji adalah mental verifikasi kita.

Video you tube, kicauan di twitter, dan snapshot berita, itu adalah penggalan. Kita tidak punya waktu lagi untuk mencerna konteks dan menyambung penggalan-penggalan yang ada secara utuh.

Untuk itu, aku teruskan pesan ayahku kepada anak-anakku, saudara-saudaraku, teman-temanku, dan kepada semua pembaca blog ini. Sempatkanlah membaca.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya?  Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: