Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Team Work Mentality (3/3)

IMG_3977

Team work bisa ditandain dengan berkumpulnya beberapa orang untuk mengerjakan sesuatu bersama-sama. Namun apakah mereka ini melakukannya dengan gembira dan efektif, ini hal yang berbeda.

Pertama adalah TRUST. Ya, kepercayaan. Membangun kepercayaan ini perlu waktu dan perlu sama-sama disadari kebutuhan ini ole semua anggota tim. Kepercayaan tidak hanya berarti tidak mencampuri urusan masing-masing. Kepercayaan bahkan bisa ditunjukkan dengan memberikan hasil dari tugas yang ditargetkan. Hadirnya kepercayaan akan memotivasi anggota yang lain untuk memberikan kontribusi maksimal.

Selanjutnya adalah CEK RICEK. Sebagai leader, ini bukan berarti kita harus mengerti secara detail pekerjaan tim. Tidak perlu kita harus mengamati satu demi satu anggota tim kita, sampai melihat formula rumus excel dan font yang digunakan. Berikan otonomi kepada mereka, namun sampaikan pula bahwa kita akan melakukan review secara periodik. Misal mingguan atau bulanan. Sebagai anggota tim pun juga harus memiliki pemahaman bahwa leader perlu diberikan update progress secara reguler. Salah satu prinsip saya sebagai anggota tim: jangan sampai ditanya dulu oleh atasan tentang pekerjaan kita.

HAVE FUN dan RAYAKAN KESUKSESAN. Bergembira tidak perlu menunggu akhir bulan. Senyum dan obrolan ringan seputar kekonyolan sehari-hari pun merupakan bagian dari cara mendapatkan kegembiraan dalam bekerja. Saya pernah berdebat seru di ruangan rapat, namun setelah itu pun tertawa riang bersama di meja kopi bersama tim. Gak perlu jaim dan canggung. Rayakan apapun secara proporsional. Colek tim Anda yang baru saja potong rambut, misalnya. Puji office boy yang membantu memanaskan bekal makanan Anda dengan acungan jempol. Penghargaan tidak harus dengan uang insentif. Lakukan dengan ajak nonton bareng atau kegiatan di luar kantor dengan mengajak semua anggota keluarga. Bahkan, saya cukup sering lakukan foto bersama setiap selesai meeting untuk mengajak semua tersenyum. Jarang kan orang foto bareng dengan muka cemberut? He he he…

Silakan klik artikel saya sebelumnya yaitu Team Work Mentality (1/3) dan Team Work Mentality (2/3).

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya?  Follow saya di twitter @syarifulakbar.

 

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: