Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Buka Bisnis, yuk

IMG_1085.JPG

Pemikiran untuk menjadi pengusaha sudah menjadi tren di semua kalangan masyarakat, terutama kalangan muda. Oleh karena itu, saat ini banyak orang yang sudah sukses menjadi pengusaha di usia muda sebagai salah satu pilihan hidup.

1. Fokus pada satu peluang bisnis

Sepintar-pintar kita dalam melakukan multi tasking, namun akan lebih baik jika kita fokus pada satu peluang saja. Dengan fokus pada satu peluang, maka seluruh ide dan pikiran untuk mengembangkan bisnis akan lebih terarah. Hal ini akan memudahkan kita dalam mengeksekusi semua ide-ide tersebut. Mengurus satu bisnis saja sudah sulit, apalagi kalau banyak. Setuju?

2. Lakukan hal yang disukai

Dalam melakukan apapun juga, jika kita menyukai apa yang kita lakukan, maka kita akan melakukannya dengan sepenuh hati. Bukan karena paksaan sehingga bisa lebih maksimal. Segala pekerjaan jika digeluti dengan sepenuh hati akan membuahkan hasil yang maksimal. Hal yang baik untuk dilakukan ketika memulai bisnis adalah berdasarkan hobi. Hobi fotografi, misalnya, kita bisa mulai menjual perlengkapan kamera. Dengan begitu, hobi terpuaskan dan mimpi membuka usaha pun tercapai.

3. Kuasai segalanya tentang bisnis kamu

Di awal memulai bisnis, umumnya jarang ada investor yang berani menaruh uangnya disana. Namun kesempatan itu bisa datang kapanpun, jadi kita harus kuasai betul segalanya tentang bisnis yang digeluti dan selalu siap menjelaskan dengan sejelas-jelasnya. Hal ini dimaksudkan agar kita dapat membuat investor yakin bahwa ia menaruh uangnya di tangan yang tepat, yaitu kepada orang yang paling paham tentang bisnis ini.

4. Selalu mau belajar dan buktikan dengan fakta

Pilihlah mentor, teman atau orang yang sudah sukses untuk menjadi penasehat bisnis, tempat kita berdiskusi tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk sukses. Lebih banyak mendengar akan lebih baik daripada lebih banyak berbicara. Buktikan pula dengan fakta atau hasil, bukan hanya dengan kata-kata.

5. Hiduplah dengan sederhana dan belajar dari kegagalan

Lupakan semua keindahan dari menjadi pengusaha. Mobil mewah, makan mewah, rumah besar, atau segala hal yang menunjukkan kemewahan. Hiduplah dengan pandangan bahwa kita adalah pemula yang membutuhkan uang untuk sukses. Nikmati apa yang ada. Lakukan perhitungan yang cermat.

Tidak semua yang direncanakan selalu berjalan lancar sesuai keinginan. Ketika gagal, jangan putus asa, terus mencoba dan belajarlah dari pengalaman itu. Kegagalan itu guru terbaik.

6. Jagalah stamina 

Atur pola makan, berolahraga teratur, dan sempatkan waktu untuk beristirahat dari pekerjaan agar kita bisa kerja dengan produktif. Seimbangkan pekerjaan dengan menjaga kesehatan.

7. Evaluasi

Ini diperlukan untuk mereview secara khusus dalam periode tertentu. Mingguan, bulanan, dan termasuk mendapatkan informasi dari market. Dapatkan masukan dari pelanggan dan bandingkan dengan kompetitor. Bersikap bijaksana dan peka terhadap keadaan akan membantu untuk terhindar dari keterpurukan.

Saya sengaja foto salah satu cemilan favorit saya, yaitu timus. Jadi, bikin bisnis kita? Dengan produk dasar timus, yang dikembangkan dengan variasi-variasi lainnya? Yuk yuk…

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya?  Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: